Minggu, 30 Juni 2013

Penemuan Mayat Gegerkan Warga Cabalu

Minggu, 30 Juni 2013 | 20:28

Sejumlah warga mendatangi lokasi ditemukannya mayat Pabi yang membusuk (Foto : Bitara)
BONEPOS.WATAMPONE - Warga di sekitar sungai Cawara, Lingkungan Cabalu, Kelurahan Mattirowalie, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, digegerkan dengan ditemukan sesosok mayat laki-laki dengan kondisi sudah membusuk, Minggu (30/6). Sore. Mayat yang deketahui bernama Pabi ini ditemukan oleh sekelompok anak-anak kampung yang hendak memancing disungai tersebut.

Mayat yang dalam kondisi membusuk itu ditemukan oleh sejumlah anak-anak kampung sekira pukul 10.00 WITA, yang saat itu hendak memancing disungai. Risma salah seorang dari kolompok anak-anak itu, langsung bergegas melaporkan hal tersebut kepada warga sekitar.

"Tadi kami mau memancing, tapi ketika samapi disungai kami melihat mayat. Karena takut saya dan teman-teman saya langsung memberitahukan warga setempat," jelas Risman.

Sementara itu, Mansyur (45) warga Kelurahan Waetuo Kecamatan Tanete Riattang Timur, yang merupakan salah satu keluarga korban yang tiba di lokasi menyebutkan, mertuanya itu mengalami ganguan kejiwaan dan kerap berkeliaran dengan berjalan kaki sendiri. Mansyur menambahkan, Pabi dinyatakan hilang sejak Jumat lalu. Sejak dinyatakn hilang, pihak keluarganya terus mencari Pabi dari desa ke desa.

"Terakhir kami dapat informasi bahwa Pabi sempat terlihat di Cabalu namun setelah kami cari, ia tidak pernah muncul lagi," jelas Mansyur.

Pihak Kepolisian Sektor Tanete Riattang dan Resort Bone yang tiba di lokasi langsung mengevakuasi mayat korban dan membawanya ke rumah rumah sakit untuk diautopsi. Dari pemeriksaan sementara pihak kepolisian, korban dinyatakan tewas tenggelam.

"Sementara kami simpulkan bahwa korban tewas tenggelam. Nanti hasil autopsi yang bisa memastikan dugaan lain dalam kasus ini," jelas Kepala SPKT Polres Bone Ipda Aris Supu.

Laporan : Bitara
Editor : Riswan

Komentar

Gadis Asal Pangkep, Nyaris Jadi Korban Penjualan Manusia

| 15:41

Armina saat berada di Kantor Polisi
BONEPOS.WATAMPONE - Seorang gadis asal Dusun Cambaya Desa Pundata Baji, Kecamatan Labbakang, Kabupaten Pangkep, nyaris menjadi korban penjualan manusia. Setelah dikurung selama tiga hari dalam sebuah kamar kos di Kabupaten Bone. Gadis yang masih berumur 20 tersebut diminta meladeni nafsu bejat sorang pria, namun ia berhasil meloloskan diri.

"Kami telah terima laporan tersebut dan memulangkannya ke kampung halamannya. Adapun mucikari yang disebutnya belum diidentifikasi namun tetap dalam lidik," ungkap Kepala Kepolisian Sektor Tanete Riattang Kompol Ali Syahban, Minggu (30/6/2013).

Armina (20) merupakan gadis yang sejak umur dua tahun dirawat oleh neneknya. Ironisnya, Armina tidak pernah melihat wajah ke dua orang tua dan saudaranya sehingga Armina sangat tertarik dengan orang yang ingin mempertemukannya dengan ayahnya maupun saudaranya.

Di hadapan polisi, Armina mengaku ditipu oleh seorang perempuan mengaku sebagai ibu tirinya dan mengajak Armina menemui ayahnya di Kabupaten Bone. Saat berada di Desa Liliriawang, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Armina kemudian diminta membeli air minum toko di pinggir jalan

"Saat berada di daerah pegunungan yang memiliki terowongan, saya bertemu seorang perempuan yang menawarkan bantuan. Saya ikut di mobilnya karena saya takut sendirian daerah itu," tutur Armina.

Armina pun kemudian dibawa ke sebuah kosan milik perempuan bernama Ida dan dilarang meninggalkan kamar tersebut. Ida ternyata seorang wanita penghibur di malam hari. Selama di tempat barunya itu, Armina hanya diberi makan kala Ida membelikannya makan dan jika tidak, Armina harus menahan laparnya dan berharap agar Ida datang dan membelikannya makanan.

"Kalau Ida datang dan membelukan saya makanan, saya baru makan tapi terkadang Ida tidak nginap di rumah dan datang sore itupun kalau ingat belikan saya makan," ungkap Armina.

Tak tahan dengan kehidupan seperti itu, di hari ketiga ia disekap, gadis kelahiran Malaysia ini pun meminta kepada Ida untuk membantunya memperoleh ongkos untuk kembali ke kampung halamannya. Ida justru meminta Armina meladeni pria di tempat hiburan malam namun, Armina menolak.

"Saat malam ke tiga, saya dijemput oleh seorang pria yang mengaku mengetahui keberadaan ayah saya dan mengajak saya menemuinya," jelas Armina.

Armina pun mengikuti pria itu dengan harapan dapat bertemu dengan ayahnya. Saat berada di atas motor, tangan pria hidung belang itu langsung meraba tubuh Armina yang duduk di belakang. Armina pun menggigit tangan pria itu. Geram dengan sikap Armina, pria yang tak dikenalinya itu berhenti dan menampar wajah Armina. Tidak hanya itu, Armina diturunkan di daerah itu.

Saat berada di pinggir jalan, Armina kemudian ditemukan oleh seorang polisi yang hendak kembali ke rumahnya. Armina langsung dibawa ke kantor polisi. Meski harapan Armina untuk menemui ayahnya pupus namun, Armina akhirnya dapat bernafas lega karena pihak kepolisian mau membiayainya kembali ke kampung halamannya.

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Sabtu, 29 Juni 2013

Usai Apel Dirumah Pacar, Pemuda Asal Sinjai Ditemukan Tewas

Sabtu, 29 Juni 2013 | 15:47

Ilustrasi
BONEPOS.WATAMPONE - Warga Desa Mallimongeng, Kecamatan Salomekko, Kabupaten Bone digeger dengan penemuan sosok mayat pemuda yang tergeletak di pinggir jalan desanya bersama dengan motornya. Sabtu (29/6/2013) dinihari. Kuat dugaan jika pemuda ini merupakan korban pembunuhan. Pasalnya, pada bagian kepala dan wajah korban di temukan ditemukan tanda-tanda kekerasan.

Korban yang diketahui bernama Chandra (20) ini merupakan warga Kabupaten Sinjai. Ia tewas mengenaskan dengan tubuh penuh luka bekas hantaman benda tumpul. Menurut warga setempat, korban datang ke desa itu guna berkunjung alias apel ke rumah pacarnya di Desa Mappatoba, Kecamatan Salomekko. Namun naas, ia pun tewas di usai mengunjungi sang kekasih.

"Sekitar pukul 05.30 WITA dini hari tadi pihak keluarga korban sudah menjemput mayat di Puskesmas Salomekko dan dibawa pulang ke rumahnya di Kabupaten Sinjai," ungkap Suwedi salah satu warga setempat yang turut mengevakuasi jenazah korban.

Dari lokasi kejadian, ditemukan balok kayu dan sekop yang di permukaannya ditemukan bercak darah. Balok tersebut diduga salah satu alat yang digunakan untuk menganiaya korban.

Sementara itu, Kapolsek Salomekko AKP Sepri yang dimintai konfirmasinya menjelaskan, pihaknya telah menerima laporan tersebut. Ia menambahkan, korban merupakan tukang service AC warga Sinjai. Menurut Sepri, korban diduga dianiaya hingga tewas.

"Kami telah melakukan olah TKP dan menemukan indikasi penganiayaan. Kasus ini masi dalam lidik kepolisian," tutur Sepri.

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Maradona Tiba di Jakarta Dengan di Kawal Dua Wanita Cantik

| 15:06

Diego Armando Maradona (kanan) bersama Ketua BASRI, Eddy Sofyan.
BONEPOS.WATAMPONE - Diego Armando Maradona terlihat gembira begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Untuk pertama kalinya, Maradona menginjakkan kakinya di Indonesia. Maradona datang sekitar pukul 06.00 WIB dengan menumpang maskapai Emirates bernomor penerbangan EK 368.

Dengan mengenakan baju bergambar harimau dipadu celana jeans serta topi, Maradona tiba dengan didampingi dua wanita cantik.

Ketua Umum Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia (Basri) Eddy Sofyan hadir menyambut kedatangan Maradona. Selama di Indonesia, Maradona akan mengunjungi beberapa kota selain Kota Jakarta, yaitu Medan, Makassar, serta Kota Pahlawan Surabaya.

Di Jakarta, Maradona rencananya akan menggelar atraksi "Tango Football" di Monas. Kemudian, menggelar coaching clinic di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada malam harinya, mantan bintang Barcelona itu direncanakan akan menggelar gala dinner.

Laporan : Rico Himawan
Editor : Riswan

Komentar

Jumat, 28 Juni 2013

Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Bone Stabil

Jumat, 28 Juni 2013 | 19:57

Ilustrasi (Int)
BONEPOS.WATAMPONE - Menjelang Ramadhan, harga bahan pokok di sejumlah pasar di Kabupaten Bone cederung stabil dan belum mengalami kenaikan secara signifikan pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu.  Hal tersebut berdasarkan darih hasil pantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bone Kamis (27/6/2013).

"Sebelum dan setelah kenaikan BBM kami intens mengecek harga pasaran dan menegur pedagang yang terlalu berlebihan menaikkan harga barangnya," ungkap Andi Hasanuddin.

Ia menjelaskan, selain memantau harga barang, pihaknya juga memantau pasokan barang jelang Ramadan. Menurutnya, pihaknya saat itu hanya bisa memantau dan menegur karena belum ada patokan harga yang dikeluarkan pemerintah daerah.

"Rencananya kami akan menggelar rapat terkait harga bahan pokok menjelang masuknya bulan ramadhan Kamis (27/6/2013) malam ini di rumah jabatan bupati," ungkapnya.

Ia menyebutkan, dari hasil pantauan Disperindag Bone, harga bahan pokok sejumlah pasar di Bone belum menunjukkan kenaikan yang signifikan. Bahkan ada yang sudah mulai turun seperti bawang putih dari harga Rp 17 ribu menjadi Rp 15 ribu. Begitupula dengan harga barang pokok lainnya sudah mulai stabil.

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Lupa Matikan Tungku Api, Rumah Warga Tajong Ludes

| 15:21

Ilustrasi
BONEPOS.WATAMPONE - Lantaran lupa mematikan api ditungku masaknya, rumah panggung milik Anwar warga Dusun Lawesso, Desa Tajong, Kecamatan Tellusiattingnge, Kabupaten Bone, ludes dilahap api, Jumat (28/6/2013). Hanya dalam beberapa menit saja, rumah kayu tersebut rata dengan tanah, dalam kejadian tersebut tak satupun barang berharga milik korban yang berhasil diselamatkan.

Rumah milik Anwar (40) ini dilahap api saat istrinya Anti (28) sedang memasang dengan menggunakan tungku kayu bakar. Namun, bara pada tungku yang masih menyala itu kemudian ditinggal oleh pemilik rumah untuk mencuci di sungai sehingga diduga merembes ke dinding kayu rumahnya.

Sejumlah warga yang berupaya memadamkan api kewalahan lantaran kobaran api telah mutus kabel tiang listrik yang berada di depan rumah korban. "Kita mau siram tapi takut disetrum listrik," ungkap Jufri salah seorang tetangga korban.

Api akhirnya bisa dijinakkan saat tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi. Sementara korban harus dievakuasi ke rumah tetangga karena terus berteriak histeris menyaksikan rumahnya telah rata dengan tanah.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Besok Pagi, Maradona Tiba di Jakarta

| 15:08

Legenda sepak bola dunia asal Argentina, Diego Armando Maradona
BONEPOS.JAKARTA - Legenda sepak bola dunia asal Argentina, Diego Armando Maradona dijadwalkan tiba di Jakarta pada Sabtu 29 Juni 2013 besok pukul 07.00 WIB.

Kedatangan Maradona ini mengalami pemunduran jadwal dari tanggal 18 Juni 2013, karena panitia kurang mempersiapkan kedatangan “Si Tangan Tuhan”.

"Maradona akan tiba sekitar pukul 07.00 WIB di terminal 2 F, Bandara Internasional Soekarno Hatta.  Semua kegiatan sesuai rencana semula, hanya penyesuaian waktu kedatangan saja," kata panitia lokal (LOC), Ervan, Jumat (28/6/2013).

Dari informasi yang diperoleh dari panitia, sesampai di Jakarta, Maradona terlebih dahulu akan mendatangi sebuah acara musik di salah satu stasiun televisi swasta.  Sabtu siang, Maradona akan menggelar jumpa pers dan seminar di sebuah bioskop kawasan Jakarta Pusat.

Setelah menggelar jumpa pers, Maradona akan langsung menggelar Tango Football di Monas kemudian coaching clinic di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Selain mengunjungi Jakarta, pria berusia 52 tahun itu akan mengunjungi beberapa kota di Indonesia, yaitu Medan (30/6), Surabaya (1/7), dan Makassar (2/7).

Sesuai rencana semula, Maradona akan menjalani rangkaian kegiatan seperti seminar, coaching clinic, gala dinner, serta tango football. Mantan pemain Napoli itu, akan kembali ke Argentina pada 3 Juli mendatang.

Laporan : Rico Himawan
Editor : Riswan

Komentar

IPI: Yakin Menangkan Iksan-Mulyadi di Jeneponto

| 00:17

Balon Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto, Iksan-Mulyadi
BONEPOS.MAKASSAR - Suwadi Idris Amir Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI) Yakin Akan memenangkan kandidat balon bupati dan wakil bupati Jeneponto Iksan Iskandar Kr Ninra - Mulyadi Mustamu Kr Tinggi sebab dari hari ke hari tren paket Sekda - Ketua DPRD Jeneponto ini terus melejit melampau Rival nya Ashari Faksirie Rajamilo - Mahlil Sikki.

Menurut Suwadi 5 Faktor yang membuat dia yakin menangkan Iksan-Mulyadi. Pertama, Kefiguran Iksan - Mulyadi yang memiliki karismatik yang tinggi sehingga hasil survey IPI menempatkan Iksan-Mulyadi Tertinggi survei tingkat kesukaannya melampaui lawan-lawannya.

Kedua, Dukungan Elit politik yang dominan ke Iksan-Mulyadi hal ini terbukti dengan banyaknya parpol besar mengusung paket ini seperti Demokrat 3 Kursi, PKS 4 Kursi, PPP 3 Kursi, Barnas 2 Kursi, PPPI 2 Kursi, PBB 1 Kursi, PBR 1 Kursi, Dan Gerindra maupun Nasdem walaupun tdk ada kursi tetapi kedua partai memiliki pencitraan yang baik, Kalau Semua mesin partai ini bergerak ful maka kemenangan Iksan-Mulyadi semakin besar.

Ketiga, Gerakan-gerakan ril yang langsung menyentuh akar rumput dan kerja-kerja cerdas konsultan IPI beserta tim Siap-Bisa yang terstruktur dan ma`sif membuat paket Iksan-Mulyadi ungul pencitraan politik.

Keempat, Dukungan Tokoh-tokoh masyarakat mulai dari para keturunan raja, mantang bupati dan wakil bupati, Tokoh Masyarakat dan Pemuda yang berpengaruh, dan PNS yang teraniyaya karna di non job dan di mutasi tanpa sebab jelas.

Kelima, karna masyarakat jeneponto butuh perubahan sebab Jeneponto kabupaten paling tinggi angka kemiskinan nya, IPM nya paling rendah dari 23 kabupaten dan kota di sulawesi selatan.

Menurut Suwadi, 5 alasan tersebut membuatnya yakin akan memenangkan kandidatnya tersebut.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

MUI Sepakat Awal Puasa 9 Juli 2013

| 00:03

Ilustrasi
BONEPOS.JAKARTA - Awal bulan puasa atau 1 Ramadan 1434 Hijriyah jatuh pada 9 Juli 2013. Penetapan itu sesuai dengan suara mayoritas menentukan hari pertama umat Islam berpuasa.

Demikian dikatakan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2013). Keputusan MUI bersama organisasi Islam lain itu serempak dengan penetapan Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Namun, cara menentukannya berbeda. Ada yang melakukan hitungan hisab atau rukyat, Ada pula yang melihat bulan baru alias hilal.

Amirsyah berharap tak ada kelompok yang memiliki penetapan berbeda. Karena, penetapan MUI itu sesuai dengan kesepakatan suara mayoritas organisasi Islam. Ia pun berharap pemerintah segera mengumumkan penetapan tersebut.

Laporan : Riko Himawan
Editor : Riswan

Komentar

Kamis, 27 Juni 2013

Besok, Teater Tasi'Ku Tasi'Mu Tennia Tasitta di Pentaskan

Kamis, 27 Juni 2013 | 22:19

Ilustrasi Teatre
BONEPOS.WATAMPONE - Dalam rangka mendorong tumbuhnya kelompok-kelompok budaya dan aktivis lokal yang memiliki komitmen dan mendukung pemberdayaan komunitas lokal. Komunitas Kreatif Bajoe, Kelompok Seni Bajo dan Sanggar Sao Rennie, akan menggelar pementasan teater seni sebagai salah satu bentuk pendampingan terhadap masyarakat Bajoe.

Dalam rilisnya yang diterima redaksi Bonepos Kamis (27/6/2013), kelompok seni ini akan menggelar teater yang berjudul TASI’KU TASI’MU TENNIA TASITTA’, rencananya akan menampilkan seni Genderang Bajo, tari Ngangaruak dan Pencak yang merupakan kesenian khas suku Bajo, ada pula permainan yang melukiskan keceriaan anak-anak penuh dengan semangat untuk bermain, bernyanyi dan belajar dimana hal tersebut merupakan harapan bagi kehidupan masa depan yang lebih baik agar tercipta generasi sehat dan cerdas.

Rencananya acara teater ini akan dipentaskan sebanyak dua kali. Pementasan pertama pada hari Jumat, tanggal 28 Juni 2013 di Lapangan depan PLN cabang Watampone jalan Veteran Kelurahan Bajoe. Pementasan kedua pada hari Sabtu, tanggal 29 Juni 2013 di Museum La Pawawoi, Watampone, Bone. Pementasan berlangsung pukul 19.30 WITA dan gratis tanpa tiket.

Kegiatan yang digagas oleh Komunitas Kreatif Bajoe, Kelompok Seni Bajo dan Sanggar Sao Rennie, juga didukung oleh Yayasan Kelola dan PSF (PNPM Support Facility). Dimana pada tahun ini program Komunitas Kreatif berlangsung di 3 Kabupaten berbeda, yaitu di Kab. Bone (Sulawesi Selatan), Kab. Lombok Barat(NTB) dan Kab. Landak (Kalimantan Barat).

Selain itu, Kegiatan ini juga diharapkan dapat lebih meningkatkan jangkauan Komunitas Kreatif untuk lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam PNPM-Perdesaan dan PNPM-Generasi Sehat dan Cerdas. Serta mendorong tumbuhnya kelompok-kelompok budaya dan aktivis lokal yang memiliki komitmen dan mendukung pemberdayaan komunitas lokal.

Laporan : Mafliady
Editor : Riswan

Komentar

Wakil Bupati Bone Bersitegang Dengan Pedagang Ikan di PPI Lonrae

| 17:36

Bupati Bone bersama Kapolres dan Dandim Berusaha melakukan negosiasi dengan pedagang PPI Lonrae
BONEPOS.WATAMPONE - Sejumlah pedagang ikan Pangkalan Pembongkaran Ikan (PPI) Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone bersitegang dengan Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, Kamis (27/6). Hal itu lantaran Wakil Bupati Bone mendesak para pedagang ikan yang berada di dalam PPI untuk pindah ke Pasar Bajoe baru.

Ambo Dalle yang datang bersama sejumlah Satuan Polisi Pamong Praja di PPI Lonrae bermaksud mendesak para pedagang ikan untuk pindah di pada Baru Bajoe dan mengosongkan lokasi tersebut. Namun, para pedagang ikan ngotot tidak mau meninggalkan PPI. Akibatnya Ambo Dalle dan para pedagang ikan bersitegang. Keributan

" Kalau tidak ada pedagang yang mau pindah, maka saya akan copot kepala dinas dan kepala UPTD, " kata ambo dalle di depan kerumunan pedagang dan pengusaha ikan.

Mendengar ancaman tersebut, para pedagang dan pengusaha ikan malah menantang hendak membakar gedung yang berada di dalam PPI. Wakil Bupati Bone meninggalkan PPI usai mendengarkan ancaman para pedagang.

" Kalau memang kita harus dipindahkan, maka kami akan bakar semua bangunan di sini, kecuali mesjid," tantang salah seorang pedagang di hadapan Ambo Dalle.

Kekecewaan para pedagang akhirnya redam setelah Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi bersama anggota muspida lainnya mengumpulkan kembali para pedagang dan menjelaskan bahwa pelelangan hanya boleh dihuni oleh pedagang ikan grosiran bukan pengecer.

"Pasar Bajoe merupakan fasilitas pemerintah yang diberikan kepada pedagang sehingga merupakan hak mereka untuk mengisi lods yang telah disiapkan," ungkap Andi Fahsar kepada Wartawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bone Zainal Arifin memaparkan, pedagang grosir yang ada di dalam PPI sebanyak 40 orang. Sesuai dengan fungsi PP, mereka diperbolehkan berdagang dalam PPI adapun pengecer hanya boleh berjualan di luar PPI.

Sikap Wakil Bupati Ambo Dalle yang menunjukkan otoriternya itu menuai banyak kritikan dari kalangan pedagang. Mereka menilai sebagai Wakil Bupati mestinya selalu mengambil keputusan dengan berembuk dan mendengarkan pendapat masyarakat terlebih dahulu.

"Tidak etis seorang Wakil Bupati ngomong seperti itu. Seharusnya dibicarakan dulu untuk mencari solusi. PPI adalah tempat yang menghubungkan pemerintah dan masyarakat nelayan," ungkap Yusuf

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

CII Gandeng Pemkab Bone Gelar Lokalatih Terkait Perubahan Iklim

| 11:30

Pemerintah Kabupaten Bone yang diwakili Kepala Bappeda & Statistik Kabupaten Bone dengan Perwakilan CARE International, Katrin Von Der Dellen. Serta penandatanganan Piagam Serah Terima Material Perlengkapan Demplot Rumput Laut dari CARE International Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Bone

BONEPOS.WATAMPONE - CARE International Indonesia (CII) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone akan menggelar Lokalatih dan Orientasi Perencanaan serta penganggaran berbasis adaptasi perubahan iklim.

Rencananya kegiatan tersebut akan digelar di Aula Wisma Tirta Kencana Bone hari ini Kamis, 27-29 Juni 2013, kegiatan lokalatih ini akan diikuti oleh perwakilan para perencana program dari 40 Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) se-kabupaten Bone.

Laporan : Rahman Ramlan
Editor : Riwan

Komentar

Rabu, 26 Juni 2013

Raih WDP, Pemkab Bone Tetap Diminta Tingkatkan Pengelolaan Keuangan

Rabu, 26 Juni 2013 | 15:21

Sekertaris Daerah (Sekda) Bone Andi Surya Darma
BONEPOS.WATAMPONE - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini wajar dengan pengecualian (WDP) terhadap laporan keuangan dan aset daerah Kabupaten Bone untuk tahun 2012. Sebagaimana  diungkapkan oleh Sekertaris Dinas Pengelolahan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Najamuddin, Rabu (26/6/2013).

"WDP itu diserahkan kepada Inspektorat Bone sejak Selasa lalu. Adapun kriteria opini itu belum kami dapatkan sehingga kami belum bisa memaparkannya " ungkap Najamuddin.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Bone Andi Surya Darma yang kini masih merangkap sebagai Kepala DPKAD Bone memaparkan, opini yang diperoleh Bone tidak lain karena masih ada hal-hal yang belum dipenuhi dalam pengelolahan keuangan utamanya aset. Menurut Surya Darma, pengelolahan aset Pemkab Bone dalam pengelolahan keuangan belum sempurna. Namun, pihaknya sudah menyiapkan upaya agar Bone bisa merubah itu.

"Sekarang ini mencoba bekerja sama dengan lembaga yang menguasai bidang itu. Seperti Badan Pengelolahan Keuangan Pembangunan untuk melakukan pendataan aset sesuai dengan aturan," ungkap Surya Dharma.

Ia memaparkan, pihaknya sebenarnya sudah bekerja maksimal namun tetap saja hasil neraca tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Olenya itu, pihaknya akan membangun kerja sama dengan lembaga seperti BPKP atau Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk meninjau kekurangan laporan pengelolahan keuangan dan aset Pemkab agar netaca bisa sama dengan kondisi yang ada.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Hanya Persoalan Uang, Kakak Adik Adu Jotos

| 15:16

Ilustrasi
BONEPOS.WATAMPONE - Lantaran tidak diberi uang, dua saudara ipar di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan terlibat adu jotos hingga mengakibatkan satu korban mengalami luka bacok, sejumlah warga yang turut melerai menjadi kewalahan hingga akhirnya aparat kepolisian setempat tiba dan langsung menggelandang kedua pihak yang bertikai. Rabu, (26/06/2013).

Peristiwa yang melibatkan dua bersaudara Arifin (47) dan Bassi (43) yang terjadi di jalan Mangga, Kelurahan Jeppe'e Kecamatan Taneteriattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ini dipicu saat korban, Arifin meminta uang kepada adik perempuannya yang merupakan isteri dari pelaku, Arifin. Lantaran permintaannya tidak terpenuhi, korban langsung kalap dan mengamuk serta menantang adik iparnya yang tengah mengerjakan kandang ayam.

Akibatnya, dua antar saudara ipar tak dapat terhindarkan hingga akhhirnya Bassi menderita bacokan golok pada bagian perut serta lengan kirinya. Sejumlah warga yang melerai perkelahian ini menjadi kewalahan hingga akhirnya aparat kepolisian tiba di tempat kejadian perkara (TKP) dan langsung menggelandang keduanya ke kantor polisi.

"Berkelahi gara-gara uang baru tidak bisa dilerai karen aada yang pegang parang ada yang pegang balok," beber Arfan, salah seorang warga setempat.

Meski demikian, hingga saat ini aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan, sementara korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis akibat luka robek pada bagian perutnya. Sementara pelaku masih menjalani pemeriksaan oleh aparat kepolisian.

"Pelaku dan korban masih baku ipar dan informasinya korban yang mengamuk tapi sementara ini kami masih melakukan penyelidikan, tegas Ipda Jufri L, Kepala Unit Sentara Pelayanan Kepolisian Terpadu (KA SPKT) Kepolisian Sektor (Polsek) Taneteriattang.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Usai Dilantik Anggota Komisioner KPU Bone Ikuti Pembekalan

| 12:51

5 Anggota Komisione KPU Bone usai dilantik
BONEPOS.WATAMPONE - Lima anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten  periode 2013-2018 yang dilantik, Selasa (25/6/2013) kemarin segera menjalankan tugasnya sebagai pelaksana pemilihan umum di Kabupaten Bone.

Bertempat di Hotel Singgasana Makassar, pelantikan komisioner KPU ini dipimpin langsung Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief berlangsung pukul 09.00 Wita.

Adapun lima komisioner KPU Bone yang dilantik berdasarkan hasil penetapan pleno KPU Sulsel yaitu, Izharul Haq, Aksi Hamzah, Ernida Mahmud, Yusnan Suyuti dan Veronika Erasanti.

Menurut Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latif, selain prosesi pelantikan, kelimanya juga langsung mengikuti proses pembekalan di Makassar selama empat hari. Dalam pembekalan nanti, mereka akan diberi materi terkait program KPU jangka panjang dan jangka pendek.

"Pembekalannya di mulai 26-29 Juni mendatang," ujarnya.

Selepas mengikuti pembekalan, komisioner KPU Kabupaten tersebut langsung bekerja untuk menyelenggarakan tahapan yang sedang berjalan di daerahnya yakni tahap pencalonan anggota DPRD Kabupaten.

"Tidak ada waktu untuk berleha-leha karena KPU sedang menyelenggarakan tahapan pemilu. Selepas pembekalan langsung bekerja." tegasnya.

Laporan : Adi Makassar
Editor : Riswan

Komentar

Selasa, 25 Juni 2013

Inlah Daftar Tarif Baru Penyeberangan Bone-Kolaka

Selasa, 25 Juni 2013 | 23:29

Tiket Feri
BONEPOS.WATAMPONE - Inilah Daftar tarif baru penyeberangan pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone Sulawesi Selatan ke Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara

-Kelas Ekonomi:

Untuk Dewasa Rp 70.000
Untuk Anak      Rp 45.000

-Kendaraan Golongan 1 Rp 101.000
-Kendaraan Golongan II Rp 189. 000
-Kendaraan Golongan III Rp 377.000


-Kendaraan Golongan IV :

Kendaraan Penumpang Rp 1.291.000
Kendaraan Barang Rp 1.202.000

-Kendaraan Golongan V :

Kendaraan Penumpang Rp 2.557.000
Kendaraan Barang Rp 2.129.000

-Kendaraan Golongan VI :

Kendaraan Penumpang Rp 4312.000
Kendaraan Barang Rp 3.514.000

-Kendaraan Golongan VII Rp 4.589.000
-Kendaraan Golongan VIII Rp 6.602.000
-Kendaraan Golongan IX Rp 9.892.000

Sumber : ASDP Bone

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Malam Ini, Tarif Penyebrangan Feri Bone-Kolaka Naik 10 Persen

| 23:05

Ilustrasi
BONEPOS.WATAMPONE - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu, Membuat tarif penyeberangan kapal feri rute Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ke Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara mengalami kenaikan hingga 10 persen. Rencananya tarif baru tersebut, resmi diberlakukan mulai Selasa (25/6/13) pukul 00.00 wita, malam ini.

Menurut pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), kenaikan tarif penyebrangan tersebut, merupakan kesepakati ASDP Bone dalam rapat koordinasi dengan melibatkan sejumlah supir angkutan antar provinsi dan pengusaha jasa angkutan umum, Senin (24/6/13).

"Kenaikan ini tergolong mendadak karena pihak kami baru mendapatkan konfirmasi itu kemarin makanya kami segera mengumpulkan para pengguna angkutan penyebrangan," ungkap Kepala Cabang ASDP Bone, Andi Mashudi.

Ia menjelaskan, semua kendaraan yang masuk sebelum pukul 00.00 wita, masih menggunakan tarif lama. Yang masuk sesudah jam tersebut, menggunakan tarif baru.

Ia menambahkan, jika tiket yang akan digunakan nanti masih menggunakan tiket lama namun akan diberi cap khusus dengan harga tarif yang baru.

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Waduh, Pencurian Helm Lagi Marak di Bone

| 22:47

INK Salah satu merk helm yang menjadi incaran pencuri helm
BONEPOS.WATAMPONE - Kasus pencurian helm dalam dua minggu terakhir ini marak di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Biasanya helm hilang saat sepeda motor diparkir di depan rumah atau tempat umum bahkan hingga didepan warung sekalipun.

Salah seorang pemilik warung makan sari laut dijalan Durian, Kelurahan Jeppe'e Kecamatan Tanete Riattang Barat, Surtini, Selasa (25/6/2013) mengatakan, ia pelanggannya sudah kehilangan empat helm selama dua malam ini, anehnya kejadian itu bukan saat pengunjungnya lagi asyik makan melainkan pada saat pemilik helm baru masuk diwarung.

"Pelanggan saya masuk ke warung, belum sempat memesan helmnya sudah hilang. Tampaknya pencurinya sudah mengintai, dan dia anak ABG yang saling berboncengan," ujarnya.

Ia menambahkan, pencurian helm itu sepertinya dilakukan oleh orang yang sangat berpengalaman. Dia mengharapkan pihak terkait memperhatikan kondisi ini.

"Saya bukannya menuduh, tetapi saya yakin di Bone ini ada penampung helm curian tersebut. Jadi pihak terkait, tolong tertibkan karena masyarakat sudah sangat resah dengan aksi pencuri yang mengincar helm," katanya.

Sebelumnya, pencurian helm juga terjadi didepan toko komputer di jalan MT. Haryono, aksi pencurian helm tersebut, sempat terekam kamera CCTV pemilik toko, dan lagi-lagi dilakukan oleh anak baru gede alias ABG dan adapun helm yang menjadi incaran mereka yakni jenis KYT,NHK, INK, DJ Maru dan BMC yang harga berkisar Rp. 450 Ribu. Ironisnya lagi, sampai hari ini tidak ada satu pun pelaku yang berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian setempat.

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Palsukan Tanda Tangan Bawahan, Kades Lompu Dipolisikan

| 22:26

BONEPOS.WATAMPONE - Lantaran diduga memalsukan tanda tangan bawahannya, Kepala Desa (Kades) Lompu Kecamatan Cina Kabupaten Bone, Abdurrahim dilaporkan ke pihak Kepolisian Resort (Polres) Bone oleh Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Desanya Mansur, Selasa (25/6/2013). Hal tersebut berdasarkan tunjangan pegawai selama tiga bulan yang tak kunjung cair, padahal di desa lain sudah dicairkan beberapa bulan yang lalu.

Kaur Pemerintahan Desa Lompu Mansur, menduga Abdurrahim memalsukan tanda tangan pegawai guna mencairkan dana tunjangan aparatur desa sebesar Rp 175 ribu per orang sejak April, Mei, dan Juni.

Hal itu baru diketahui Mansur setelah dirinya mempertanyakan tunjangan aparatur desa ke Pemerintahan Desa di Sekertariat Daerah Bone 3 Juni lalu. Namun nyatanya, tunjangan tersebut telah lama dicairkan.

"Dia pernah mendatangi saya untuk menyerahkan uang tersebut. Namun saya tolak karena nanti saya dari Pemdes baru dibawakan uang tersebut. Bahkan pihak pemdes mau menyelesaikan secara kekeluargaan tetapi saya tidak mau lagi dan akhirnya melaporkannya ke Polres Bone," jelas Mansur, Selasa (25/6/13) kepada wartawan.

Abdurrahim mengakui kalau memang pembayaran tunjangan aparat desa periode Maret, April, dan Mei telah cair pada 28 Mei lalu.

Abdulrahim menambahkan, ia menandatanganinya dengan alasan untuk mempercepat proses administrasi. Namun, sejak dicairkan, Mansur tidak pernah datang mengambilnya karena sudah dua tahun tidak berdomisili di Lompu.

"Memang ada kesepakatan yang dituangkan dalam berita acara yang dibuat desa dan disetujui aparat desa guna memperlancar pembayaran tunjangan aparat maka kades berhak tanda tangan," ungkap Rahim.

Sementara itu, Kanit SPK Polres Bone Ipda Aris Supu yang dikonfirmasi terisah membenarkan adanya laporan tersebut. Ia menuturkan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan itu dengan memanggil terlapor.

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Aduh, Maccaleg di Golkar, Makan Gajinya di PDK

| 13:13

Ketua PDK Bone Andi Muh Anas, SH
BONEPOS.WATAMPONE  - Ketua Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) Kabupaten Bone, Andi Muh Anas, SH mengungkapkan kalau empat calon legislatif (Caleg) Partai Golkar sampai hari ini masih "makan gaji" di PDK. Pasalnya, empat caleg tersebut sampai saat ini masih berstatus anggota DPRD Bone dari fraksi Demokrasi Kebangsaan.

"Semestinya mereka harus jantan atau bersikap dan mengambil langkah mengundurkan diri. Kalau tidak mau mundur maka jangan macaleg," tegas A Muh Anas, Selasa (25/6) pagi tadi.

Menurutnya lagi kalau sampai saat ini baru satu anggota DPRD Bone yang masuk pengunduran dirinya ke DPRD Bone, yakni Asia A Pananrangi. Sehingga ini belum memenuhi syarat untuk diproses di DPRD Bone.

Adapun empat orang anggota PDK yang caleg di Partai Golkar adalah, Alfian T Anugerah, Asia A Pananrangi, Hj Adriani A Page, Andi Mappanyuki Takka.                  

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Bupati Bone Diprediksi Lakukan Mutasi Sebelum Ramadhan

| 00:34

BONEPOS.WATAMPONE - Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi, dalam waktu dekat ini diperkirakan akan melakukan mutasi besar-besaran terhadap sejumlah pejabat eselon II,III dan IV dijajaran Pemerintah Kabupaten Bone. Dari informasi yang diperoleh Bonepos, rencana mutasi tersebut bakal dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadhan Juli 2013 mendatang.

"Kemungkinan mutasi ini akan dilakukan sebelum memasuki bulan ramadhan," kata salah seorang pejabat teras di Pemkab Bone yang enggan disebutkan namanya. Menurutnya, mutasi yang akan dilakukan mencakup pejabat eselon II, yakni sejumlah kepala Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD). Mutasi tersebut dilakukan selain untuk mengisi kekosongan posisi di beberapa satuan kerja, juga untuk menutupi posisi lowong setelah pejabat bersangkutan memasuki masa pensiun, bahkan selentingan bersih-bersih pasca pilkada.

Tidak hanya itu, menurutnya, mutasi juga bertujuan untuk penyegaran di lingkungan pejabat Pemkab Bone. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan etos kerja yang baik. "Untuk dipahami, mutasi dilakukan berdasarkan kinerja dan tidak ada mengandung unsur kekeluargaan dan faktor lain," terangnya

Sementara itu, sejumlah nama-nama yang diprediksi bakal mengisi jabatan di kabinet baru Andi Fahsar Padjalangi yakni, Kadis PU dan SDA yang semula dijabat oleh Andi Irwan Burhanuddin bakal digantikan oleh Sudirman, Kadis Tata Ruang yang semula dijabat oleh Andi Fahrum Pawi digantikan oleh Syafruddin Usman, Kepala BKDD, yang semula dijabat oleh M. Ridwan digantikan oleh Andi Islamuddin.

Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (DPKD) yang sebentar lagi akan ditinggalkan oleh Andi Surya Darma yang menjabat plt Sekda Bone akan diisi oleh A Fajaruddin atau H.Najamuddin, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan yang saat dijabat Baharuddin akan digantikan Andi Arsal yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Penyuluh Pertanian Bone. Kadis BKKBN yang kini di jabat Hj Ummul  akan digantikan A Herman Sampara (Kepala UPTD Samsat Sulsel). Kadis Pendidikan, A Muchlis Rasyid akan digantikan oleh H Rosalim mantan Kadis pertambangan Bone. Kadis Infokom yang sebelumnya ditinggal pensiun oleh Hj. Andi Murni di gantikan oleh Bahar Kadir.

Untuk Kadis Kesehatan yang saat ini dijabat oleh Dr.Andi Alimuddin diprediksi digantikan oleh Dr. Andi Nurwina atau Dr. Abdul Kadir, dan untuk Direktur RSUD Tenriwaru yang saat ini dijabat oleh Dr. Hj. Arfiah Arabe diprediksi bakal digantikan oleh kakak kandung Bupati Bone, Dr. Hj. Andi Kasma Padjalangi

Sementara itu, terkait isu mutasi ini sejumlah pegawai baik dilingkup pemkab Bone dan disejumlah SKPD mengaku lega jika mutasi bakal dilakukan menjelang bulan ramadhan. Karena santernya isu mutasi yang beredar selama ini telah mempengaruhi kinerja pegawai dan sekarang semuanya akan terjawab. Salah seorang pegawai yang namanya tidak ingin disebutkan mengatakan, selentingan kabar mutasi sebelum ramadhan telah membuat dirinya lega.

"Selama ini kami risau dengan isu mutasi yang terus beredar. Sebab tidak ada kepastian tentang kapan mutasi dilakukan dan hal ini telah memunculkan ketakutan terhadap pejabat yang sedang memegang kegiatan atau ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan. Dengan adanya rencana mutasi tersebut, maka semua sudah jelas," ungkapnya.

Laporan : Enal Shaenal/Randi Rosandi
Editor : Riswan

Komentar

Senin, 24 Juni 2013

Pasca Kenaikan BBM, Harga Sembako di Bone Meroket

Senin, 24 Juni 2013 | 23:10

Harga Bahan Pokok (Foto : Int)
BONEPOS.WATAMPONE - Pasca kenaikan  harga Bahan Bakar Minyak (BBM)  memicu naiknya harga sembako dan sayur mayur di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan  kenaikan harga tersebut didapati disejumlah pasar tradisional harga barang pun melonjak hingga empat puluh persen

Harga sembako dan sayur mayur  di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bone kini terus merangkak naik. Harga bawang merah  yang biasanya dijual oleh pedagang seharga Rp 22.000 perkilo kini telah dijual  seharga Rp 30.000 perkilo gram

Harga bawang putih juga  yang sebelumnya seharga rp 15.000  kini telah naik menjadi Rp 20.000 perkilo gram. Begitu juga harga lombok besar yang sebelumnya dijual seharga rp 7000 perkilo kini telah dijual rp 10.000 perkilogram

Harga tomat juga naik menjadi Rp 7.000 perkilo padahal sebelumnya Rp 6.000 perkilo. Wortel yang sebelumnya hanya Rp 4.000 kini menjadi Rp 6.000 perkilo. Tidak hanya itu harga telur yang biasanya dijual seharga  Rp 29.000 kini dijual seharga Rp 32.000 per rak. Bahkan harga minyak curah yang sebelumnya dijual seharga Rp 15.000  kini telah dijual oleh pedagang seharga Rp 17.000 perliter

Menurut salah seorang pedagang Ridwan, harga sembako dan sayur mayur tersebut terpaksa dinaikkan karena para suflayer telah menaikkan harga barangnya. Jadi untuk tidak merugi para pedagang juga harus menaikkan harga hingga empat puluh persen

Laporan : Bitara
Editor : Riswan

Komentar

Mahasiswa UNM Bone Dibekali Ilmu Kepramukaan

| 14:01

Ilustrasi
BONEPOS.WATAMPONE - Sekitar 219 mahasiswa kampus VI Universitas Negeri Makassar (UNM) Bone mendapat ilmu Kepramukaan di kampusnya selama sepekan. Mulai, Senin (24/6) hari ini. Para mahasiswa ini mendapat bekal kepramukaan dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bone.

Sebagaimana yang diungkapkan Ketua Kwarcab Pramuka Bone, H Andi Said Pabokori dalam sambutannya saat membuka Kursus Mahir Dasar (KMD) di Kampus VI UNM Bone, Senin (24/6/2013) pagi tadi, kalau gerakan Pramuka sangat perlu dikalangan kaum muda sebagai generasi penerus.

"Pramuka sangat tepat dalam membina kaum muda untuk pembentukan karakter. Kode kehormatan pramuka yang meliputi moral dan janji, apabila selalu dipegang teguh dan dilaksanakan maka saya yakin, anggota Pramuka tidak akan pernah melakukan hal-hal negatif," jelasnya.

Hal senada diungkapkan pembina Pramuka kampus VI UNM Bone, Hasbi. Menurutnya, kegiatan kepramukaan sangat perlu diberikan kepada mahasiswa sebagai generasi bangsa ini. Sehingga dapat tercipta mahasiswa sebagai kader yang ulet, unggul, dan tabah.

"Olehnya itu, mahasiswa Kampus VI UNM diwajibkan menjadi anggota Pramuka dan harus mengikuti KMD sebagai bekal dalam pengabdiannya nanti," terang Hasbi.

Sementara itu, Ketua Racana Arung Palakka Kampus VI UNM Bone, Asriadi mengungkapkan kalau kegiatan KMD tersebut dimaksudkan agar dapat terbentuk kepribadian watak yang berbudi luhur pada pembina pramuka sehingga menjadi kader yang tangguh, ulet, dan mandiri serta memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai kepramukaan sebagai kader pembangunan bangsa yang akan melatih dan membina tunas-tinas harapan bangsa.

"KMD kali ini dibagi dua ruangan dan pesertanya 46 orang putra dan 173 orang putri. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama yang selama ini terjalin dengan baik dengan Kwarcab Bone," kunci Asriadi.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Komisioner Baru KPU Bone Saling Beri Ucapan Selamat di FB

| 13:31

Facebook
BONEPOS.WATAMPONE - Terpilih sebagai anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone, Ernida Mahmud dan Veronika Erasanti saling memberi ucapan selamat.

Ernida Mahmud yang merupakan anggota komisioner incumbent KPU Bone, spontan memberikan ucapan selamat kepada rekan-rekannya yang akan bekerja bersama-sama sebagai anggota KPU, salah satu diantaranya Veronika Erasanti.

"Slamat & sukses bu atas mskx ke 5 besar komisioner kpu bone," ucapan selamat Ernida Mahmud kepada Veronika melalui jejaring sosial Facebook, Senin (24/6/2013)

Beberapa menit kemudian ucapan tersebut dibalas oleh Veronika, "Terima kasih Ibu Ernida Mahmud.....Ucapan yang sama buat kita juga... Semoga senantiasa diberi kekuatan utk menunaikan amanah."


Laporan :Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Inilah 5 Anggota Komisioner KPU Kabupaten Bone

| 12:50

BONEPOS.MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan akhirnya mengumumkan 55 anggota komisioner KPU di 11 kabupaten yang dinyatakan lolos berdasarkan hasil seleksi uji kelayakan dan kepatutan beberapa waktu lalu, termasuk Kabupaten Bone.

Adapun nama-nama Komisioner KPU Kabupaten Bone yang lolos disesuikan peringkatnya yakni :

1. IZHARUL HAQ, S.H
2. Hj. ERNIDA MAHMUD, SP., MP
3. AKSI HAMZAH, SE., M.Si
4. VERONIKA ERASASTI
5. YUSNAN SUYUTI DM, S.Pi

6. ASRIATY, S.H
7. YUSRAN
8. TAKDIR ISMAIL, SE., Ak
9. MUSADDIK ANDI, S.SOS
10. ASDAR, S.SOS, M.Si

Sementara itu, tiga naman diantaranya yang dinyatakan lolos merupakan anggota komisioner KPU Bone incumbent, yakni Hj. Ernida Mahmud, Aksi Hamsah dan Yusnan Suyuti.

Rencananya 5 anggota komisioner KPU Bone ini akan dilantik secara serentak bersama 50 anggota komisioner KPU Kabupaten lainnya di Hotel Singgasana, Makassar,  Selasa (25/6/2013) yang dipimpin langsung Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief.

Laporan : Adi Makassar
Editor : Riswan

Komentar

KPU Sulsel Akhirnya Umumkan 55 Komisoner Untuk 11 Kabupaten

| 12:40

BONEPOS.MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan akhirnya mengumumkan 55 anggota komisioner KPU di 11 kabupaten yang dinyatakan lolos berdasarkan hasil seleksi uji kelayakan dan kepatutan beberapa waktu lalu.

"Kami sudah mengumumkan hasil tes akhir yang untuk lima besar," kata Humas KPU Sulsel Asrar Marlang, saat dikonfirmasi di kantor KPU Sulsel, Senin (24/6/2013).

Menurutnya, lolosnya 55 komisioner KPU yang tersebar di 11 daerah tersebut berdasarkan hasil seleksi ketat yang dilakukan lima komisioner KPU.

"Jadi seleksinya dari 10 besar menjadi 5 besar," ujarnya.

KPU mengimbau kepada seluruh warga bagi masyarakat yang ingin mengetahui hasil tes, dapat mengunjungi di webisite milik KPU yakni di www.kpud-sulsel.com

Diketahui ke 55 Komisioner KPU di 11 Kabupaten tersebut rencananya akan dilantik secara serentak di Hotel Singgasana, Makassar,  Selasa (25/6/2013) yang dipimpin langsung Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief.

Sumber : Tribuntimur.com
Editor : Riswan

Komentar

Sabtu, 22 Juni 2013

2 Juli Nanti, Maradona Injakkan Kaki di Makassar

Sabtu, 22 Juni 2013 | 21:01

Diego Armando Maradona
BONEPOS.WATAMPONE - Jika tidak ada aral melintang, bintang sepak bola dunia Diego Armando Maradona dijadwalkan akan datang kemakassar Selasa 2 Juli 2013. Dimana sebelumnya diagendakan 21 Juni terpaksa harus diundur oleh pihak panitia lantaran situasi keamanan terkait adanya demo kenaikan BBM.

Mengenai pendaftaran rangkaian kegiatan Diego Maradona di Indonesia, akan serempak dibuka di empat kota, Jakarta, Medan, Surabaya dan Makassar mulai hari Senin, (17/6) hingga Jumat (28/6). Panitia mematok biaya peserta untuk coaching Clinic dari harga Rp 2 Juta menjadi Rp 1 Juta/orang.

Sementara itu mengenai jadwal kegiatan yang akan dilakukan Maradona selama berada diempat kota di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, Makassar dan Medan antara lain :

I. JAKARTA, Tanggal 29 Juni 2013
- Pukul 07.00 Tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta
- Pukul 10.00 – 12.00 Seminar
- Pukul 14.00 – 15.30 Tango Football
- Pukul 16.00 – 17.30 Coaching Clinic
- Pukul 20.00 – 22.00 Gala Dinner

II. MEDAN, Tanggal 30 Juni 2013
- Pukul 10.00 – 12.00 Seminar
- Pukul 14.00 – 15.30 Tango Football
- Pukul 16.00 – 17.30 Coaching Clinic
- Pukul 20.00 – 22.00 Gala Dinner

III. SURABAYA, Tanggal 1 Juli 2013
- Pukul 14.00 – 15.30 Tango Football
- Pukul 16.00 – 17.30 Coaching Clinic
- Pukul 20.00 – 22.00 Gala Dinner

IV. MAKASSAR, Tanggal 2 Juli 2013
- Pukul 10.00 – 12.00 Seminar
- Pukul 14.00 – 15.30 Tango Football
- Pukul 16.00 – 17.30 Coaching Clinic
- Pukul 20.00 – 22.00 Gala Dinner

Laporan : Adi Makassar
Editor : Riswan

Komentar

Malam Ini The Titans Hibur Warga Bone

| 19:30

Personil Band The Titans
BONEPOS.WATAMPONE - Setelah dihibur band ibu kota Geisha akhir pekan lalu, warga Kabupaten Bone kembali akan dihibur lagi oleh band ibu kota The Titans pukul 20.30 WITA malam ini di Lapangan Merdeka Watampone, Sabtu (22/6/2013).

Dari pantauan Bonepos, sejak pukul 17.00 WITA, sekeliling lapangan merdeka telah dipasangi branding sponsor. Dan sejumlah warga sudah mulai memadati sejumlah sekitar panggung.

Meski sempat diguyur hujan pada sore hari tadi, namun antusiasme masyarakat bone untuk melihat aksi personil The Titans ini diperkirakan akan membeludak di lapangan kebanggan orang bone ini.

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Jumat, 21 Juni 2013

Sabtu Besok, Premium Rp6500 dan Solar Rp5500

Jumat, 21 Juni 2013 | 23:45

Pengisian BBM di SPBU (Foto : Internet)
BONEPOS.JAKARTA - Pemerintah telah resmi menaikkan harga BBM bersubsidi. Harga premium naik dari Rp4500 menjadi Rp6500, sementara solar dari Rp4500 menjadi Rp5500.

Harga baru ini berlaku mulai Sabtu (22/6) dini hari, tepat pukul 00.00 WIB.

Sebelumnya, Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat melalui pemungutan suara memutuskan menerima Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Perubahan (RAPBNP) 2013.

Dengan penetapan itu, maka pemerintah mendapat legitimasi untuk menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi, karena APBN Perubahan mematok subsidi BBM untuk transportasi naik dari Rp194 triliun menjadi Rp199 triliun

Laporan : Mafliadi
Editor : Riswan



Komentar

Harga BBM Resmi Naik, Berlaku Mulai Pukul 00

| 23:37

SPBU
BONEPOS.JAKARTA - Pemerintah akhirnya resmi menaikkan harga bahan bakar minyak(BBM). Dalam pengumuman yang dibacakan oleh Menteri ESDM Jero Wacik pemerintah menetapkan harga premium sebesar Rp 6500 dan solar Rp 5500.

"Bensin Premium Rp 6500 rupiah per literSOlar Rp 5500 per liter," kata Jero saat mengumumkan kenaikan harga BBM di kantor Menko Pereekonomian, Jakarta, Jumat(21/6/2013).

Jero mengatakan harga baru bahan bakar minyak bersubsidi tersebut berlaku mulai Sabtu(22/6/2013) pukul 00.00 WIB dan berlaku serentak di seluruh Indonesia.

"Harga tersebut berlaku serentak di seluruh Indonesia terhitung sejak 22 Juni 2013 pukul 00.00 WIB," ujar Jero.

Kenaikan harga BBM tersebut sesuai dengan ketentuan pasal 4 pasal 5 dan pasal 6 Peraturan Presiden nomor 15 tahun 2012 tentang harga jual BBM eceran jenis tertentu dan konsumen tertentu

Dan peraturan Menteri ESDM nomor 18 tahun 2013 tentang harga jual eceran jenis BBM tertentu dengan konsumen tertentu dan konsumen tertentu.

"N0 07 PM/12/MPM/2013 tentang penyesuaian harga jual eceran bbm bersubsidi,"kata Jero

Sumber : Tribunnews.com
Editor : Riswan



Komentar

Pencuri Helm di Bone Terekam CCTV Pemilik Toko

| 21:30

Aksi pencurian Helm didepan toko Kurnia Komputer jalan MT. Haryono Bone terekam kamera CCTV
BONEPOS.WATAMPONE - Aksi pencurian di depan toko tertangkap CCTV kembali terjadi di wilayah hukum Polres Bone. Kali ini, pelaku beraksi di toko komputer yang terletak di jalan MT. Haryono, Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone mengambil salah satu helm pelanggan di toko tersebut.

Pemilik Toko Kurnia Komputer, Anshar mengatakan, aksi pelaku pencurian tersebut terjadi pada Kamis malam (20/6/2013). "Kejadiannya sekitar pukul 20.35 WITA, awalnya pelaku datang dengan berboncengan dan langsung menjalankan aksinya," ungkapnya, Jumat (21/6/2013).

Dalam rekaman CCTV tersebut, pelaku dengan ciri-ciri rambut jabrik dan usia sekitar 20-an serta menggenakan switer warna merah dan celana pendek hitam dan memakai tas ransel hitam langsung menggasak helm pembeli ditoko tersebut setelah sebelumnya sempat mondar-mandir dengan motornya bersama dengan temannya.

Diduga, setelah mengambil helm milik salah seorang pegawai Kejaksaan Kabupaten Bone (30) pelaku langsung kabur ke arah jalan Hos Cokrominoto. Sebelumnya, aksi pencurian motor didepan toko komputer ini sudah kerap terjadi, olehnya itu pemilik toko berinisiatif untuk memasang CCTV demi keamanan pembeli ditokonya.

Akibat dari kejadian tersebut, pemilik helm merk NHK terseut mengalami kerugian sebesar Rp. 300 Ribu, agar kejadian ini tidak terulang, pihak pemilik toko meminta agar pihak kepolisian melakukan peyelidikan dan menangkap pelaku tersebut.



Rekaman CCTV Pencurian Helm didepan Toko Kurnia Komputer. Lihat

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Harga Bensin Eceran DI Bone Sudah Naik Duluan

| 19:44

Bensin Eceran (Foto : Internet)
BONEPOS.WATAMPONE - Meski pemerintah belum secara resmi mengumumkan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, penjual bensin eceran justru tak mau kehilangan momen dengan mencuri start menaikkan harga premium dagangannya.

Salah satunya Hj. Mia, seorang pedagang bensin eceran di jalan MT. Haryono, Kelurahan Macanang Kabupaten Bone, mengaku telah menaikkan harga premium yang dijualnya dari Rp 5.000 menjadi Rp 6.000 per liter.

"Katanya BBM mau naik, jadi saya naikin duluan," ungkap Hj. Mia saat ditemui Bonepos, Jumat (21/6/2013).

Kenaikan harga premium dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.500 per liter, diakui Hj. Mia akan menyulitkan dirinya untuk menjalankan bisnis. Dengan kenaikan itu, Hj. Mia memastikan keuntungan yang diperolehnya bakal tergerus.

"Kemarin waktu jual Rp 5.000 per liter, itu untungnya Rp 500. Berhubung saat ini sulit untuk antri maka saya naikkan Rp. 6.000 Tapi kalau harga naik jadi Rp 6.500, saya jualnya Rp 7.000 untungnya cuma Rp 500," katanya.

Senada dengan Hj. Mia, penjual bensin eceran di Jalan Hos Cokrominoto, Kelurahan Macege, Bone, Anto memastikan dirinya bakal menaikkan harga premium yang dijualnya.

"Saya juga belum tahu akan saya naikkan berapa, mungkin tunggu pengumuman pastinya," ujar dia.

Anto mengatakan, bila harga premium naik hingga mencapai Rp 6.500, kemungkinan dirinya akan menaikkan harga bensin jualannya sebesar Rp 7.000 per liter.

"Paling segitu, saya kalau terlalu mahal juga nanti enggak ada yang beli. Tapi saya lihat juga penjual yang lain nanti jualnya berapa," tutur dia.

Saat ini Anto masih menjual bensin eceran seharga Rp 5.000 per liter, dari harga tersebut, tiap liter dia mendapatkan untung sebesar Rp 500 per liter. Dia sendiri mengaku dalam sehari bisa menjual bensin rata-rata hingga 40 liter.

Dia hanya berharap harga premium tidak naik terlalu besar, sehingga dirinya bisa menjual bensin eceran dengan harga yang masih terjangkau dan pembeli yang sudah menjadi langganannya tidak beralih ke Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU)

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Warga Bone Mulai Antri BBM di SPBU

| 19:33

Antrian panjang di SPBU Jalan Ahmad Yani Kabupaten Bone, Jumat (21/6/2013)
BONEPOS.WATAMPONE - Antrian panjang warga yang akan membeli bahan bakar minyak (BBM) mulai memaadati setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Jumat (21/6/2013).

Sesuai pantuan, antrian terjadi di SPBU jalan Ahmad Yani di Kelurahan Macanang sekitar pukul 20.00 Wita. Antrean terjadi menyusul beredar informasi yang menyebutkan pengumuman penaikan harga BBM dilakukan Jumat malam ini.

"Saya beli bensin supaya setelah BBM naik saya bisa jual kembali dengan harga mahal," kata Marten, warga asal Kelurahan Macege yang membeli 120 liter bensin. Bensin tersebut dikemas dalam dua jeriken masing-masng ukuran 60 liter.

Ia mengatakan, sesuai informasi yang beredar, malam ini pemerintah akan mengumumkan penaikan harga BBM. Oleh karena itu, warga yang mengetahui informasi tersebut kemudian berbondong-bondong datang ke SPBU untuk membeli BBM. Antrean warga ini menyatu bersama kendaraan roda dua dan empat.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

M Ilham Rifurio Akan Perjuangkan Infrastruktur Jalan

| 17:39

M Ilham Rifurio
BONEPOS.MAKASSAR - Ketimpangan infrastruktur di Sulsel dengan daerah lain khususnya di Pulau Jawa, membuat M Ilham Rifurio, merasa terpanggil untuk menjadi Caleg legislatif DPR RI di pemilu 2014 mendatang.

Ketua Barisan Muda Pemuda (BMP) PAN Sulawesi Selatan ini mengaku akan fokus berjuang untuk mengawal kebijakan pemerintah disektor infrastruktur dan transportasi.

"Yang paling mendasar diperjuangkan adalah infrastruktur jalan dan transportasi, terutama di kab/kota yang ada di Dapil II," ujar Ilham kemarin, Kamis (20/6/2013)

Pria kelahiran Jakarta 19 Juli 1980 ini menganggap, kemudahan, kenyamanan, dan keamanan transportasi adalah hal utama dalam mendukung kemajuan perekonomian. Sebab, jika itu bisa terpenuhi, maka kesejahreraan rakyat diyakini akan meningkat, karena arus barang dan jasa menjadi lancar.

Putra mantan legislator PAN Hadi Jamal ini menambahkan, mengakui jika dirinya terpanggil, setelah melihat kondisi infrastruktur yang ada Sulawesi Selatan, ia mencontohkan, beberapa kerusakan jalan yang terjadi di Bone menjadi salah satu hal yang utama yang harus ia perjuangkan jika ia terpilih kelak.

Laporan : Randi
Editor : Riswan

Komentar

Jelang Kenaikan BBM, SPBU di Bone Diserbu Pembeli

| 17:16

Pengisian BBM di SPBU
BONEPOS.WATAMPONE - Pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di sejumlah SPBU di Kabupaten Bone mengalami peningkatan. Dari pantauan Bonepos di sejumlah tempat, terjadi lonjakan pembelian, terutama di sore hari. Kenaikan permintaan terus terjadi menjelang pemerintah mengumumkan kenaikan BBM pertengahan Juni ini.

"Memang pembelian premium mengalami kenaikan," kata Arif  salah satu petugas SPBU di Jalan Ahmad Yani, Jumat (21/6/2013).

Kebanyakan pembeli juga membeli untuk kebutuhan kendaraan pribadi seperti mobil dengan diisi penuh. Sekalipun terjadi kenaikan permintaan, tidak sampai terjadi kelangkaan. Arif menambahkan, pasokan dari Pertamina masih cukup meskipun terjadi lonjakan di lapangan.

"Walaupun pembelian terjadi lonjakan, tidak sampai menimbulkan kelangkaan," ujarnya.

Selain itu pihak SPBU yang sebelumnya hanya menyediakan 2.000 liter per dua harinya telah melakukan penambahan sebanyak 1.000 liter untuk mengantisipasi kelangkaan.

Sementara itu di SPBU di jalan KH. Agusssalim, sejumlah pihak Kepolisian ditugaskan untuk melakukan pemantauan di lapangan menjelang pemerintah menaikan harga BBM. Pemantauan diharapkan untuk menjaga pembelian dalam bentuk jirigen.

Laporan : Randi
Editor : Riswan

Komentar

Bone Siapkan 13 Atlit Silat di Praporda Luwu

| 16:22

Silat
BONEPOS.WATAMPONE - Kabupaten Bone telah menyiapkan 13 atlit yang terdiri putra dan putri untuk Pra Pekan Olah Raga Daerah (Porda) ke XV, cabang olah raga silat di Luwu. Ke 13 atlit yang disiapkan Bone merupakan perwakilan dari sejumlah perguruan silat yang ada di Bone pada seleksi lalu.

"Untuk atlit Putra, Bone sudah menyiapkan silat kelas A dengan bobot 45-50 kg hingga kelas H 80-85. Sedangkan untuk putri hanya dari kelas A hingga F saja dengan bobot 70-75 kg," ungkap manager silat Pra Porda Bone Murniati.

Murniati menjelaskan, untuk atlit silat, pihaknya menyiapkan tujuh putra dan enam putri. Murniati menuturkan, persiapan Praporda kali ini tidak begitu maksimal. Pasalnya para atlit yang sebagian besarnya adalah mahasiswa tengah menghadapi final di kampusnya.

Menurut Murniati, lokasi latihan para atlit terbagi menjadi tiga lokasi. Atlit Bone yang mengeyam pendidikan di Makassar menggelar latihannya di Makassar dan dua lokasi lainnya di Kabupaten Bone.

"Kami optimis, atlit Bone mampu memperoleh tiket masuk Porda makanya kami berusaha sekeras mungkin agar mampu meraih tiket Porda seperti tahun lalu," jelasnya.

Pada pekan olah raga lalu, cabang olah raga silat Bone menyumbangkan satu medali perak dan satu medali perunggu.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Kamis, 20 Juni 2013

Polisi Bone Bekuk 3 Pelaku Penculikan Anak di Bawah Umur

Kamis, 20 Juni 2013 | 21:46

Ilustrasi
BONEPOS.WATAMPONE - Pihak Kepolisian Sektor Ajangale menyiduk tiga pria yang mencoba melarikan seorang gadis di bawah  umur, Kamis (20/6/2013) pagi. Satu diantara mereka merupakan oknum mantan TNI Kodam VII Wirabuana. Ketiganya dibekuk saat hendak menuju ke Kabupaten Soppeng dengan mengendarai mobil Taruna merah putih bepelat 1228 JR.

Ketiganya Dahlan Syirat (66) warga Dusun Rappang Andau, Desa Rappang Barat, Kecamatan Mappili, Kabupaten Poliwali Sulbar, Usman (53) warga Jl Sabutung Baru, Makassar, dan oknum mantan TNI Ashar (46) warga Komplek IDI Blok 1, Tello Baru, Kecamatan Panakkukang, Makassar. Dari tangan ketiganya diamankan sepucuk senjata airsoftgun, uang kertas Brazil 10 ikat yang belum diketahui jumlahnya, serta sebilanh golok dan keris.

Menurut Kapolsek Ajangale AKP Fredrik Banga, Ashar merupakan anggota TNI yang telah dipecat sejak tahun 2012 lalu. Ia menjelaskan, kejadian yang menimpa NK (14) siswi SMPN Sailong, Desa Lallatang, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone terjadi saat korban sedang menunggu angkot di Pasar Timurung, Kecamatan Ajangale.

Fredrik menuturkan, para pelaku mengambil korban membawanya ke Desa Telle Ajangale, Kecamatan Ajangale. Aksi para pelaku terlacak setelah pihak keluarga korban terus berusaha menghubungi korban melalui pesan singkat. Akibat kejadian ini, korban mengalami syok berat dan masih dalam perawatan intensif di Puskesmas Ajangale.

"Kami belum tau motif para pelaku karena korban belum siuman. Adapun ketiga pelaku sudah kami limpahkan ke Polres Bone," ungkap Fredrik.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Demo BBM, PMII Bone Tutup Perempatan Jalan

| 13:26

Puluhan Demonstran menutup jalan
BONEPOS.WATAMPONE - Puluhan mahasiswa mengatasnamakan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Bone, menutup perempatan Jl Ahmad Yani-Jl MT Haryono-Jl Cokrominoto-Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Kelurahan Macanang, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, (20/6/13) siang.

Aksi tutup jalan mahasiswa itu, sebagai bentuk protes atas kenaikan bahan bakar minyak dan menjamurnya mini market yang dinilai "membunuh" warung-warung kecil masyarakat lokal.

Para mahasiswa ini membakar ban dan menyandera truk dilintangkan di tengah jalan. Aksi protes mahasiswa yang dijaga ketat kepolisian itu berakhir setelah para majasiswa menyampaikan aspirasinya.

"Presiden dan DPR harus bertanggung jawab atas kenaikan itu dan menarik kebijakannya kembali," ungkap koordinator aksi, Syamsul Riadi.

Usai menutup akses jalan selama beberapa jam, mahasiswa ini kembali melanjutkan aksinya dengan mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone, di tempat ini para pendemo diterima oleh anggota DPRD yakni Andi Darwis Massalinri dan Andi Susanto Baso Samad.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

BBM belum Naik, Harga Sembako di Bone Sudah Melonjak

| 13:22

Pedagang di pasar sentral Bone
BONEPOS.WATAMPONE - Harga sejumlah bahan pokok di sejumlah Pasar Tradisional di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, mengalami kenaikan antara Rp 2.000 hingga Rp 4.000. Kondisi itu terjadi menjelang rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Jenis bahan pokok yang mengalami kenaikan di antaranya bawang merah. Semula, harganya Rp 22 ribu per kg. Tapi kini, harganya menjadi Rp 25.000 ribu per Kg. Harga jual telur pun naik dari Rp 29 ribu per rak menjadi Rp 31 ribu per rak.

Tidak hanya itu, harga minyak curah yang sebelumnya dijual seharga Rp 15 ribu per liter kini dijual oleh pedagang seharga Rp 17 ribu per liternya.

Menurut pedagang, harga sembako dan sayur mayut tersebut terpaksa dinaikkan karena penyalur telah menaikan harga barangnya.

Untuk mengantisipasi kerugian, para pedagang juga terpaksa harus menaikan harga hingga mencapai 30 persen.

Laporan : Bitara
Editor : Riswan

Komentar

Kakek 45 Tahun Hilang Terseret Arus Sungai

| 01:21

Ilustrasi
BONEPOS.WATAMPONE - Hendak menunaikan shalat magrib dimesjid seberang kampungnya, Mukhtar Bin Dg. Massiki (45) warga Dusun Talimpo, Desa Palakka, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone hanyut terbawa arus setelah terpeleset saat melintasi bendungan Palakka.

Kejadian tersebut berawal saat Mukhtar hendak menunaikan salat magrib di seberang bendungan, Saat itu arus sungai di bendungan sangat deras. Mukhtar pun nekad menyeberang karena sudah menjadi kebiasannya menunaikan salat magrib dimasjid tersebut.

Tim SAR yang tiba dilokasi hanyutnya korban, langsung melakukan pencarian, tidak jauh dari tempat tersebut tim SAR menemukan sejumlah pakaian yang diduga merupakan milik korban

"Kami bersama tim sudah melakukan penyisiran dan penyelaman di Bendungan tersebut. Dan berhasil menemukan sandal, ember dan celana pendek korban," ungkap Komandan Basarnas Bone Andi Sultan, Kamis (19/6/2013) saat dihubungi sejumlah wartawan.

Sultan menuturkan, Mukhtar dinyatakan hilang setelah Istri korban melaporkan peristiwa hilangnya suaminya. Karena sejak kejadian, istri korban tak kunjung menemukan suaminya di rumah. Istri korban pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke warga sekitar dan pihak kepolisian setempat.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan, korban belum juga berhasil ditemukan, dan tim SAR untuk sementara menghentikan proses pencarian karena sudah larut malam, dan akan dilanjutkan kembali besok pagi.

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Rabu, 19 Juni 2013

Pemuda Asal Passippo Tewas Diparangi

Rabu, 19 Juni 2013 | 19:43

BONEPOS.WATAMPONE - Iskar alias Alling (17) pemuda Desa Passippo, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone tewas setelah dikeroyok kawanan pemuda usai menghadiri sebuah pesta hajatan pernikahan di desanya sendiri. Korban ditemukan tak bernyawa di dalam selokan dengan luka sabetan golok di bagian kaki, tangan, leher, dan kepala.

Iskar ditemukan oleh warga setempat Rabu (19/6/2013) dinihari, dan korban langsung dibawah ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Watampone guna dipastikan korban sudah meninggal atau belum. Korban dikeroyok oleh tiga pemuda, Emmang (20), Berrang dan Sidi yang berasal dari Desa Tengnga Tengnga usai mengikuti pesta hajatan di desa korban.

"Kejadian terjadi sekitar Kamis dini hari. Pelaku sempat melarikan diri namun berhasil kami tangkap di kediamannya masing-masing," ungkap Kapolsek Palakka AKP Asrofi.

Ia menjelaskan, kejadian itu terjadi saat korban dan pelaku sedang joget bersama di hajatan pernihakan yang menyediakan panggung musik. Saat berjoget, keduanya saling bersenggolan. Pelaku dan korban pun langsung beradu mulut namun cepat dilerai oleh warga setempat.

Perwira polisi ini menambahkan, aksi pelaku kemudian berlanjut. Ke tiga pelaku kemudian menunggu korban meninggalkan hajatan tersebut. Saat melihat korban bersama rekannya Anto, pelaku langsung mengejar korban dengan golok. Para pelaku terus mengayunkan goloknya saat berhasil menyusul korban. Anto pun sempat dikeroyok namun berhasil meloloskan diri dan mencari pertolongan warga setempat.

"Barang bukti berupa sebilah golok sudah kami amankan. Dua diantara pelaku mengaku bersalah sedangkan satunya lagi turut membantu dan masih diperiksa," tutur Asrofi.

Laporan : Iwan
Editor : Riswan

Komentar

Selasa, 18 Juni 2013

DCS Diumumkan, Tanggapan Warga Bone Minim

Selasa, 18 Juni 2013 | 13:42

Pileg 2014
BONEPOS.WATAMPONE - Sejak diumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon (Balon) Anggota Legislatif Kabupaten Bone, 13 Juni lalu, hingga kini masih minim tanggapan masyarakat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone memberikan tengat waktu hingga 24 Juni mendatang.

Anggota KPU Bone, Yusnan Suyuti mengatakan hal ini Selasa (18/6/2013). Katanya, pengumuman sendiri akan berakhir hingga Senin (17/6) nanti, (kemarin, red). Namun demikian masyarakat masih tetap memiliki kesempatan untuk menanggapi DCS tersebut.

"Kalau untuk tanggapan dari masyarakat yang ingin melaporkan, waktu masih ada dari tanggal 13 sampai 24 Juni 2013," ingatnya.

Yusnan pun menyampaikan bahwa untuk melaporkan kejanggalan-kejanggalan tentang Balon Legislatif Kabupaten Bone 2014, masyarakat bersangkutan harus menyerahkan bukti-bukti konkrit. Misalnya, adanya ditemukan pemalsuan ijazah atau hal lainya yang terindentifikasi melanggar hukum.

"Masyarakat bisa langsung mendatangi KPU Bone untuk mengajukan tanggapanya. Tapi, harus jelas dengan bukti-bukti konkritnya," sebutnya.

Menurut Yusnan dari pengalaman pada Pileg sebelumnya, memang tidak banyak tanggapan atau laporan yang masuk mengenai kejanggalan yang dilaporkan masyarakat. "Kalau dari pengalaman kita pada Pileg yang lalu tidak banyak yang melaporkan tentang balon-balon legislatif," jelasnya.

Karena menurut Yusnan masyarakat yang ingin melapor bisa saja tidak memiliki banyak bukti atau kesadaran atau tidak pedulinya terhadap Pileg tersebut. "Terkadang ada yang mau melapor tapi kurang bukti-buktinya. Namun, biasanya yang paling mencolok itu kesadaran masyarakat sendiri kurang tentang Pileg ini," ujarnya dan menambahkan masyarakat bukan saja bisa melapor ke KPU, tetapi dapat juga melaporkan tanggapanya ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

Laporan :Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Usai Tutup Jalan Poros Bone-Makassar, Mahasiswa Sidak DPRD

| 13:12

Mahasiswa HMI Cabang Bone saat melakukan sidak digedung DPRD Kabupaten Bone, Selasa (18/6/2013)
BONEPOS.WATAMPONE - Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam menggelar aksi unjuk rasa di jalan poros Bone-Makassar, Selasa (18/6/2013) siang. Aksi mahasiswa tutup jalan ini menuntut agar Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menanggalkan jabatannya karena membuat kebijakan yang tidak berpihak pada masyarakat.

"Mereka hanya memberikan BSM untuk menipu masyarakat kemudian menaikkan BBM," ungkap Ketua HMI cabang Bone Muhammad Fadhil.

Akibat aksi mahasiswa ini arus lalu lintas masuk dalam Kota Watampone. Macet total. Meski aksi ini dikawal ketat pihak kepolisian namun, para mahasiswa tetap menutup jalan.

Selain itu, sejumlah mahasiswa juga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Bone untuk menyampaikan aspirasinya, namun tidak satupun anggota dewan yang keluar menemui para demonstran, akibatnya mahasiswa memaksa masuk kegedung DPRD dan melakukan sidak disetiap ruangan legislator.

Laporan :Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Senin, 17 Juni 2013

APBNP 2013 Disahkan, Harga BBM Dipastikan Akan Naik

Senin, 17 Juni 2013 | 23:44

Ilustrasi
BONEPOS. JAKARTA - Setelah melalui voting, rapat paripurna DPR akhirnya menyetujui pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) APBNP 2013 menjadi UU. Hal itu sekaligus memastikan bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan naik, yang diikuti oleh pemberian bantuan langsung sementara masyarakat.

Dalam voting yang dilaksanakan mulai sekitar pukul 21.30 hingga pukul 22.06 sebanyak 338 anggota DPR menerima pengesahan RUU menjadi UU, sedangkan sebanyak 181 menolak pengesahan tersebut. Sebelum voting, hujan interupsi mewarnai jalannya sidang paripurna, terutama dari fraksi-fraksi yang menolak pengesahan RUU menjadi UU tersebut.

Selain masalah pengurangan subsidi untuk bahan bakar minyak (BBM), poin penting lainnya dalam RUU yang disahkan menjadi UU tersebut adalah mengenai alokasi dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Dalam pengambilan keputusan mengenai pengesahan APBNP 2013 ini, ada empat fraksi yang menyatakan penolakannya, yaitu Fraksi PKS, Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra dan Fraksi Hanura. Sementara itu, lima fraksi setuju dengan pengesahan, yaitu Fraksi PAN, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PPP, dan Fraksi PKB

Sebagaimana yang dibacakan salah satu anggota Fraksi Partai Gerindra, bahwa pemberian BLSM tak bisa diterima karena tidak mendidik masyarakat. Justru yang dibutuhkan adalah insentif berupa bunga kredit murah bagi pelaku usaha kecil.

Sumber : Kompas.com
Editor : Riswan

Komentar

Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa HMI Bone Sandera Truk

| 18:55

Mahasiswa HMI Bone saat menyandera mobil truk didepan SPBU dijalan KH. Agussalim
BONEPOS.WATAMPONE - Demo tolak kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM)  yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Bone tepat di depan SPBU jalan KH. Agussalim Kabupaten Bone, diwarnai  keributan,  mahasiswa menyandera sebuah mobil truk yang melintas didepan SPBU untuk dijadikan sebagai panggung orasi.

Aksi mahasiswa ini terjadi setelah gagal memaksa untuk masuk ke areal SPBU,  sehingga sejumlah pendemo dari pengurus Himpunan Mahasiswa Islam cabang Bone ini langsung menyandera sebuah mobil truk.

Sejumlah pendemo langsung menaiki mobil truk tersebut dan langsung menjadikannya panggung orasi. Akibatnya jalur jalan Besse Kajuara dan KH. Agussalim tersebut sempat macet  karena para pendemo menutup paksa akses jalan tersebut.

Dalam orasinya pendemo mengutuk presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) gagal mengemban amanah rakyat. Bahkan pendemo meneriakkan yel-yel penolakan terhadap rencana kenaikan BBM dan terus berorasi agar presiden SBY diturunkan jika harga BBM  jadi dinaikkan.

Laporan : Bitara
Editor : Riswan

Komentar

DPRD Janjikan Dana Hibah Pembentukan Bone Selatan

| 18:35

Ilustrasi
BONEPOS.WATAMPONE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone menjanjikan dana hibah sebesar Rp 5 Milyar untuk pembentukan Bone Selatan (Bonsel) jika sudah dilaunching melepaskan diri dari induk Kabupaten Bone.

Pemberian dana hibah itu merupakan pendanaan untuk keperluan administrasi, Pilkada, maupun sektor lainnya yang dianggarkan selama dua tahun sesuai dengan regulasi pemerintah daerah untuk pemisahan pemekaran daerah.

Rencana pemberian hibah tersebut selanjutnya akan dibicarakan melalui rapat kerja di Komisi II DPRD Bone dengan tim pemekaran Bone Selatan dengan teknis perincian kebutuhan bone selatan dalam waktu dekat ini, sebab, ditargetkan Pemekaran Bonsel akan dilakukan pada bulan Desember 2013 mendatang.

Ketua Forum Pemekaran Bonsel, Andi Suedi, mengatakan selangkah lagi Bonsel akan terbentuk secara administrasi 99 persen sudah dirampungkan. Sesuai dengan hasil rapat bersama dengan tokoh masyarakat di Bonsel yang meliputi Kecamatan Tonra, Salomekko, Kajuara, Palattae, Tellu Limpoe, Libureng dan Bontocani menyampaikan kepada DPRD Bone untuk memberikan hibah untuk perampungan beberapa hal seperti surat lahan letak perkantoran, batas-batas kecamatan sebagaimana dengan PP 78 tahun 2007.

"Mudah-mudahan kajian DPRD Bone dengan dana alokasi anggaran Rp5 Milyar akan terselesaikan dalam waktu dekat ini dan Bonsel segera akan diketuk palu oleh DPR RI," harap Suwaedi saat menyampaikan aspirasinya di DPRD Bone, Senin, (17/6/2013).

Sementara itu, anggota DPRD Bone, Andi Idris Rahman, mengatakan bahwa regulasi pemkab Bone memberikan hibah kepada Bonsel selaku pemekaran daerah wajib dilakukan dan dalam waktu dekat ini akan menggelar rapat kerja di komisi II untuk segera membahasnya. Mengenai, kekurangan soal batas wilayah di Kabupaten Bone sudah tidak diragukan karena sudah ada data di provinsi Sulsel dan sudah difinalkan.

"Pengalokasian dana hibah itu tentunya harus melalui pembahasan anggaran tahun 2013, dan akan terealisasi pada tahun 2014. Sehingga, diharapkan dalam kajian nantinya tidak ada masalah dan semua mendukung untuk pemekaran Bonsel," kata politisi PBB ini.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar

Uji Mesin Baru, Tangan Buruh Pabrik Gula Arasoe Ikut Tergiling

| 18:30

Ilustrasi
BONEPOS.WATAMPONE - Seorang buruh Pabrik Gula Bone (PGB) Arasoe, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, terpaksa harus mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Watampone lantaran tangannya remuk tergiling dalam mesin penggilingan tebu, Senin (17/6/2013).

Burhanuddin (47) warga Dusun Laju, Desa Walenreng, Kecamatan Cina, kritis setelah telapak tangan kanannya remuk akibat tergiling mesin penggiling tebu. Burhanuddin dalam keadaan sadar dilarikan ke rumah sakit oleh sejumlah rekan kerja dan atasannya.

Kejadian ini terjadi saat Burhanuddin yang bekerja sebagai staf bagian riset dan pengembangan pabrik gula arasoe ini sedang mencoba mesin baru penggilingan tebu di ruang kerjanya. Saat itu, korban mengenakan sarung tangan untuk menguji mesin tersebut. Ketika mesin sudah beroperasi, sarung tangan korban tiba-tiba tersangkut dalam mesin penggilingan sehingga tangan korban ikut tergiling.

Korban yang berteriak kesakitan terdengar oleh rekan kerjanya, dan rekannya itupun langsung mematikan mesin. Korban pun langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Salah satu karyawan bagian SDM pabrik gula Arasoe Saiful menjelaskan, kejadian itu merupaka kecelakaan kerja karena setiap buruh yang bekerja di dalam telah diberi alat pengaman dalam pekerjaan. Ia menambahkan, semua tanggungan perawatan korban ditanggung oleh perusahaan hingga korban bisa bekerja kembali.

"Tidak usah dipersoalkan dinda. Kami yang menanggung semua biaya pengobatannya," tutur Saiful.

Laporan : Enal Shaenal
Editor : Riswan

Komentar